18 Juni 2008

Apakah Doa Mengubah Sesuatu?


Mereka mengatakan bahwa doa mengubah sesuatu, tetapi apakah doa SUNGGUH dapat mengubah segala sesuatu ?
Ya! DOA SUNGGUH DAPAT MENGUBAH SEGALA SESUATU!

Apakah doa dapat mengubah suatu keadaan secara tiba-tiba ?
Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah caramu memandang situasi tersebut!
Apakah doa mengubah kondisi keuanganmu dimasa depan?
Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah kepada siapa engkau berharap untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari!

Apakah doa mengubah hati yang hancur atau tubuh yang rusak ?
Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah sumber kekuatan dan sumber penghiburanmu!

Apakah doa mengubah apa yang kau butuhkan dan inginkan ?
Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah kebutuhanmu menjadi sesuai dengan keinginan Tuhan!

Apakah doa mengubah caramu melihat dunia?
Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah dengan mata siapa kau akan melihat dunia!

Apakah doa mengubah penyesalanmu di masa lalu?
Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubah harapanmu di masa depan!

Apakah doa mengubah orang-orang disekitarmu ?
Tidak, tidak selalu, tetapi doa akan mengubahmu-masalah tidak selalu terletak dalam diri orang-orang disekitarmu!

Apakah doa mengubah hidupmu dengan cara yang tidak dapat kau jelaskan?
Oh, ya, selalu! dan Doa akan benar- benar mengubah seluruh dirimu!

Apakah doa sungguh mengubah segala sesuatu ?
YA, doa sungguh mengubah segala sesuatu.

17 Juni 2008

Membentuk Pribadi Sukses


Lagi surfing di dunia maya buat nyari bahan tugas Propulsi kapal, nemu deh tulisan yang cukup baik ini. Mencoba membagi bagi teman-teman sesuatu yang bermanfaat ini...
silahkan dinikmati...

Written by Zein Abidini *)
Friday, 06 June 2008

Siapapun kita pasti menginginkan sukses. Tapi apa itu arti kesuksesan dan apa bentuk kongkritnya, tidak sedikit orang kesulitan mendefinisikannya. Apalagi mencapainya. Hal itu tak lain karena kita hidup di lingkungan yang telah memberikan pemaknaan yang begitu kabur, menjalani hidup tanpa terencana hingga suatu saat di hari tua kita sadar bahwa semua telah berlalu.

Banyak dari kita telah terperangkap pada mindset (cara berpikir) yang telah demikian tertanam dalam benak kita, sehingga tak jarang kita menjadi terkoptasi dalam realitas yang parsial. Bagaikan katak yang puas hidup dalam tempurung. Bagaimana mindset demikian dapat terbentuk dalam diri mereka, hal itu bisa dijelaskan dengan Fase psikoprogram dalam hidup kita sebagai berikut:

Pertama, masa tanam. Fase ini terjadi saat kita berumur 0 hingga 7 tahun. Pada masa ini kita memperoleh pengetahuan-pengetahuan dasar tentang diri dan sekitar seperti berjalan, berbicara, menirukan bahasa yang didengar.

Kedua, periode model. Pada periode ini biasanya kita akan menciptakan model-model tokoh tertentu yang akan kita tiru. Makanya wajar jika anak pada usia ini akan menirukan hero yang mereka kagumi, atau orang yang mereka anggap bisa dijadikan model ideal. Periode ini terjadi pada masa 7\14 tahun.

Ketiga, periode sosial. Pada periode ini kita sudah mulai suka berkumpul dengan teman-teman seumuran, mencoba untuk berinteraksi dengan sekitar, dan mulai mencari bentuk jati diri. Masa ini terjadi pada era 14―21 tahun.

Lalu bagaimana kita menjadi pribadi sukses? Yang pertama, kita harus memulai dari konsepsi diri, gambaran kita tentang diri ideal kita pada beberapa tahun yang akan datang. Jangan takut menatap hari esok, karena hari ini adalah awal dari esok itu sendiri. Bayangkanlah apa yang kita inginkan beberapa tahun yang akan datang. Jangan takut bermimpi akan menjadi apa dan sebagai apa, karena manusia hidup dimulai dari mimpi dan ia bisa kita jadikan tujuan. Semakin dekat kita dengan tujuan kita, semakin banyak proses yang kita lakukan, maka semakin kita akan merasakan kesuksesan.

Langkah yang kedua, adalah citra diri. Kita harus membentuk citra diri kita, tentang apa yang seharusnya melekat pada diri kita, apa yang kita inginkan, dan tentang apa yang harus kita perbuat. Kita mulai citra diri ini dengan mengukur ada dimana kita saat sekarang ini dan ada dimana konsepsi diri kita beberapa tahun lagi. Setelah kita berpikir tentang citra diri kita, maka lanjutkan dengan berproses atau action. Dan action adalah bagian dari pembentukan citra diri itu sendiri.

Setelah itu bisa kita lakukan. Mulailah kita coba berbicara pada diri kita (self talk). Kata hati ini kita perlukan untuk memberikan pondasi keyakinan akan sesuatu hal yang harus kita perbuat. Ingatlah! Orang yakin akan dapat dengan mudah menundukkan orang pintar. Banyak kita temui di lapangan orang yang sebenarnya tidak pintar tapi ia dapat menundukkan banyak orang-orang pintar bertitel. Contoh mudahnya bagaimana kita lihat A. Mushaddiq yang hanya lulusan SMA dapat memperdayai banyak orang pintar yang malah sudah ada yang lulusan S2 dengan klaim kenabiannya hanya karena ia merasa yakin bahwa ia seorang nabi.

Citra diri dan self talk yang negatif seperti tidak pede, kecanduan rokok, malas dan mudah menyerah terjadi karena telah mengendap dalam alam bawah sadar kita. Alam bawah sadar ini bisa direprogram menjadi positif, seperti menjadi pede, terbebas dari rokok, mempunyai tekad yang keras dan tidak mudah menyerah. Reprogram alam bawah sadar dapat kita lakukan dengan cara masuk ke dalamnya.

Kenapa selama ini orang-orang sulit mengubah citra diri dan self talk negatifnya karena alam bawah sadarnya tidak disentuh. Untuk menyentuh atau memasuki alam bawah sadar kita, dapat dilakukan dengan afirmasi: tegaskan secara berulang-ulang tentang apa yang menjadi tekad kita, beri ia sentuhan emosi berupa kemantapan hati akan good feeling yang akan kita tanamkan pada alam bawah sadar. Cara lainya untuk mereprogram alam bawah sadar kita adalah dengan bantuan figur yang amat sangat kita segani, yang setiap kata-katanya menjadi petuah bagi kita. Hal lainnya lagi adalah dengan cara relaksasi, hal ini dapat dilakukan dengan hipnosis melalui gelombang teta, yaitu suatu gelombang yang timbul saat kita sedang fokus atau sejenis gelombang yang ada pada waktu kita berada di antara alam sadar dan tidur.

Kenapa reprogram alam bawah sadar ini penting? Karena sebenarnya ia seperti gunung es yang berada di bawah lautan. Alam sadar kita adalah gunung es yang tampak. Jadi betapa besarnya potensi yang terpendam dalam diri kita. Jika ini semua dapat kita optimalkan, maka kesuksesan sudah ada di depan mata. Inilah yang kita sebut sebagai mindset untuk menjadi pribadi yang sukses.

*) Direktur Sekolah Motivasi Indonesia dan Master Trainer EMBoss

15 Juni 2008

ITS juara KRCI dan KRI lagi...lagi....dan lagi



Selamat buat tim ITS yang datang dengan dua nama.
ITS- Teknik Elektro
dan PENS ITS.

Dua institusi yang merupakan satu ayah ini..yakni Institut teknologi sepuluh november berhasil membawa pulang untuk kesekian kalinya juara KRI dan KRCI ke kampus perjuangan ini...
Jump-Be yang merupakan tim dari PENS ITS berhak mewakili Indonesia dalam kontes robot asia pasifik ABU Roboccon di India.Pemenang dari KRI/KRCI 2008 akan mewakili Indonesia dalam kontes robot tingkat internasional ABU ROBOCON 2008 yang akan berlangsung di Pune, India pada tanggal 30 Agustus 2008. KRI 2008 ini bertema Robot Panjat Pinang yang selaras dengan tema ABU ROBOCON 2008 yaitu ‘Govinda’ dan tema KRCI 2008 adalah Robot Cerdas Pemadam Api’.

foto : mbah Indah Humas ITS
lokasi : Balairung Kampus UI Depok

Berikut daftar pemenang KRI dan KRCI tahun ini.
Pemenang KRI 2008
1. Jump-Be PENS ITS
2. Khil-G Universitas Brawijaya
3. Koumari Institut Teknologi Sepuluh November (The Best Design)
4. Palapa Universitas Gajah Mada (The Best Inovation)
5. Jump-BE PENS ITS (The Best Algoritma)
6. Poster_Mpx Universitas Hasannudin Makasar (Tim dengan Nilai tertinggi)

Di ajang KRCI prestasi ITS sedikit menurun namun tidak begitu signifikan, terbukti dengan tetap konsistennya ITS merebut juara pada katagori yang ada, seperti Divisi Expert-Single dan katagori lainnya.

05 Juni 2008

Penyerangan FPI di Monas


Baru-baru ini front pembela islam atau FPI dengan laskar islamnya melakukan tindakan anarkis dengan menyerang apel pagi dari Aliansi Kebangsaan Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB). Aksi yang banyak di kecam beberapa kalangan baik dari ormas Islam ataupun unsur masyarakat lainnya. Tindakan yang dianggap tidak terpuji dan mencoreng nama baik agama Islam dan Negara ini, berujung setelah kedua belah pihak bentrok di ring 1 Monas. Massa AKKBB sendiri hadir disana hanya lah untuk melakukan aksi damai memperingati hari pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni kemarin. Namun Massa FPI, yang konon menurut sang Jendral Habib Rizieq terprovokasi diakibatkan beberapa oknum AKKBB menyampaikan dukungannya dengan Ahmadiyah, yang sudah dicap Menyimpang oleh MUI.Menurut habib, insiden itu timbul diakibatkan teriakan bernada sara kepada Laskar Islam yang dikatai Laskar Iblis.FPI pun berang terhadap aksi tersebut, serangan dan pukulan mendarat ke pemuka dan simpatisan AKKBB. Korban pun berjatuhan, walaupun tidak ada korban jiwa. Ironisnya banyak pemuka agama islam dan pemimpin pondok pesantren yang juga menjadi korban. Ini tentunya sangat tragis, dimana umat Islam juga saling menyakiti.
Kondisi bertambah panas, ketika Gus Dur ketua Dewan Syuro PB NU mengeluarkan pernyataan mengecam dan meminta FPI dibubarkan. Serangan balik pun dilontarkan Habib Rizieq di sebuah dialog di TV swasta dengan mengatakan bahwasanya Gus Dur Buta mata, dan Buta Hatinya. Lanjutnya, yang harus dibubarkan bukannya FPI melainkan Gus Dur. Ucapan bernada menantang, yang diperparah dilihat serta didengarkan oleh pemirsa di seluruh Nusantara,termasuk saya yang juga menyasikan acara tersebut. Mendengar, pernyataan ini pun mendapat tanggapan dari Banser dan Garda Kebangasaan, yang berdampak pada penyerang pada kantor FPI Cirebon. Apa yang terjadi sebenarnya?kondisi bangsa ini sudah susah, akibat harga BBM yang meningkat, kita harus dihadapkan isu polemik pemecah persatuan seperti ini.Pemerintah dan aparat kepolisian pun geram melihat, kelakukan massa FPI kali ini yang dianggap sudah kelewatan. FPI yang sebelumnya juga sering kali melakukan aksi sweeping dan kekerasan pada tempat judi, dan kantor Playboy, hingga pembakaran kaset, pengecanan pada penyanyi dangdut yang dianggap begoyang seronok. Presiden SBY, turut ambil bicara dengan sangat mengecam aksi kekerasan dan menyatakan FPI mencoreng nama baik negara. Malam itu juga setelah memberikan pernyataan pada press, SBY melakukan rapat mendadak bidang POLHUKAM. Alhasil, keputusan untuk menyusut tuntas tindak kekerasan pun dicetuskan. Seribu lebih aparat polisi dikerahkan, bahkan mereka sudah disiapkan pukul 04.30 hari itu. Massa FPI pun satu-satu demi satu di jemput paksa oleh polisi dan dimasukan didalam lebih dari 50 truck aparat. Sang Jenderal juga ikut dibawa ke polres Metro Jaya. Hari ini Habib dinyatakan bersalah, dan beberapa aktivis FPI pun telah dinyatakan tersangka. Munarman yang juga pengacara yang foto aksi mencekik salah seorang pemuda sampai malam ini belum menyerahkan diri. Namun menurut Detik.com, munarman akan menyerahkan diri ditemanin Anton Medan, mantan preman yang sekarang jadi penceramah ini. Namun ternyata itu semua nihil, Munarman pun tak muncul.Desakan untuk pembubaran FPI juga semakin kencang berdatangan. Tapi apakah FPI harus dibubarkan, Kalau iya sapa lagi yang berani melakukan sweeping terhadap tempat maksiat, protitusi, pornoaksi, dan tindakan larangan agama lainnya. Yang tentunya tidak semua aparat polisi lakukan disemua tempat, bahkan cenderung aparat juga bermain mata dengan para pengelola wadah-wadah maksiat itu.Kalau memang iya juga, apa kita tidak malu, mendesak FPI dibubarkan sedangkan mereka mempercayai Nabi Muhammad SAW, sebagai Nabi dan Rosul terakhir bukannya Gulam Ahmad, Kiblat mereka Kabbah, bukannya India, dan Kitab Mereka Al-Quran bukannya kitab suci Tadzkirah. Yang itu semua diyakini oleh Ahmadiyah, yang menurut Habib Rizieq akar dari insiden Monas ini. FPI juga pernah mendapatkan penghargaan dari pemerintah perihal aksi cepat mereka dalam ikut membantu korban Tsunami di Aceh. Kegiatan mereka pun tidak hanya semata-mata sweeping anarkis, melainkan juga kegiatan sosial, pengajian, dan dakwah seperti biasanya. Kita kembalikan lagi ke hati nurani bangsa ini, FPI salah dan Ahmadiyah juga salah, itu menurut saya yang meyakini kalau rasul dan nabi terakhir adalah Muhammad SAW, kiblat saya Kabbah, dan Kitab Suci saya Al-Quran. Saya sendiri mengecam tindakan kekerasan ini, tapi tidak semata-mata melihat dari insiden ini. KIta kembalikan lagi dengan ketegasan pemerintah yang tidak tegas terhadap Ahmadiyah yang sudah difatwa Sesat dan menodai, serta menistai agama Islam. Serta hukum dan aparat yang cenderung kurang tegas, sehingga FPI pun berani semena-mena dan berlaku semaunya sendiri menurut keyakinan dan kepercayaan yang mereka anut. FPI apakah dibubarkan atau hanya dibekukan?

Marine Icon 2008

Tahun ini jurusan Teknik Sistem Perkapalan lewat Himpunan Mahasiswanya tetap menyelenggarakan Marine Icon. Sebuah Hajatan rutin yang digelar HIMASISKAL tiap tahunnya, acara ini tidak hanya fokus pada kegiatan yang sesuai bidang Marine saja seperti halnya marine diesel assembling. Ada juga Marine musik dan Marine Fustal. Berbeda dengan acara seperti tahun-tahun sebelumnya, marine icon tahun ini cukup mengecewakan, ini terjadi pada acara futsal yang tidak lagi begitu semeriah tahun lalu. Sekedar kilasan pada tahun penyelenggaran sebelumnya saja marine futsal yang juga berisikan unsur entertainment berhasil menggabungkan fustal dan hiburan. Terdapat acara krimbat gratis dari pihak sponsor, sampai mendatangkan defender Persebaya, Surabaya Bejo Sugiantoro, mantan Punggawa TIMNAS Indonesia ini juga menunjukan kebolehannya dalam mengolah si kulit bundar.Lepas dari itu semua, tahun ini marine icon telah selesai digelar,acara puncak marine assembling yang penyelenggaraannya di luar kampus ITS Surabaya, yakni Taman Flora juga mendapatkan animo tersendiri dari masyarakat setempat...Pergelaran marine Musik juga menjadi hiburan bagi pengunjung taman flora yang mungkin akrab ditelinga pembaca, khususnya yang tinggal di kota pahlawan Surabaya sebagai taman bibit.

Marine Assembling juga merupakan perlombaan yang menguji kemampuan siswa SMA dalam membokar-pasang mesin marine diesel. Mesin Marine diesel yang memang secara garis besar, berbeda dengan diesel land used, sangat mudah dikuasai dan dipreteli oleh siswa SMA yang memang terbiasa bongkar pasang mesin ini. Sang Master Power Plan, dari Siskal juga angkat bicara Indrajaya Gerianto mengungkapkan, siswa-siswa sekarang sudah mahir dalam bongkar-membongkar mesin, khususnya anak-anak yang bersekolah di sekolah menengah kejuruan. Mereka hanya, kurang pada kemampuan teori mesin itu saja. Marine icon sendiri merupakan ajang promosi dan memperkenalkan jurusan teknik sistem perkapalan ITS ke siswa dan kalangan pelajar. Mengingat keberdaan jurusan ini cukup tidak populer di kalangan masyarakat. Tahun depan mungkin lebih diperbanyak lagi bentuk kegiatannya, sehingga Siskal juga mampu menciptakan sebuah perhelatan besar. Layak seperti Pekan Mekanika, dan LCEN yang notabennya proker dari mahasiswa Mesin dan Elektro. Amin, kita doakan semua cita-cita luhur itu dapat tercapai.

Selain menikmati perlombaan dan meliput acara yang digelar di Lapangan Futsal ITS, serta taman flora ini. Saya menyempatkan diri melakukan acara foto-foto sambil jalan-jalan. Terutama di taman Flora, taman yang baru pertama kali saya kunjungin walaupun sudah 2 tahun saya di Surabaya ini.

Warming Up tim Ubaya...


Tim Ubaya= Seragam Merah
Pertandingan pertama berhasil menaklukan Unair 7-1


Ini presenter Gokil dari Siskal...


Pak Indrajaya Gerianto memantau peserta Marine Diesel Assembling


Selamat datang di Marine Icon....
Lokasi taman Flora Surabaya


Pendopo Taman Flora yang dijadikan lokasi Perhelatan Marine Diesel Assembling


Kalau ada orang yang capek di Marine Icon..
mereka salah satunya...
dari kiri si Mbah, Sukmin...lihat aja tuh ekspresi mereka


Taman Flora juga digunakan untuk beristirahat....


Ajang tempat diskusi dan ngobrol...


Ladang rezeki buat si pemulung...


Rusa tutul juga menambah kerindangan dan asrinya taman flora..
kasihan ditangkarkan dipinggir jalan....lihat banyak kendaraan yang lalu lalang


Penangkaran Burung menjadi pemandangan tersendiri di Taman Flora


Sangkar Burung Raksasa....

Mau lihat dan grab foto-foto lihat saja di gallery saya....